Sistem CAT CPNS – Pemerintah menetapkan kebijakan baru dalam proses perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2015. Kebijakan tersebut berupa Sistem Computer Assisted Test (CAT) sebagai media tes penerimaan CPNS.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yudi Chrisnandi, mengatakan sistem tersebut diterapkan untuk menghindari calo CPNS yang selama ini meresahkan.

‚ÄúSistem CAT menurut saya akan terus diterapkan untuk dapat hasil yang objektif dan menghindari calo atau bayar-membayar seleksi CPNS,” ujarnya, Jumat (22/5/2015).

Kendati demikian, Yudi mengakui ada beberapa daerah yang belum memiliki koneksi internet dengan baik untuk menerapkan sistem tersebut. Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan diskresi atau kebijakan khusus bagi CPNS di wilayah yang tidak memiliki akses internet.

“Seperti di pedalaman Papua jadi kendala juga. Kita harus perbaiki itu, nanti di sana ada kebijakan khusus sehingga mereka tidak kehilangan hak CPNS,” ucapnya. [okezone]