Apa itu Kompetensi Sosio Kultural? Kompetensi sosial kultural menjadi bagian dalam Leadership Framework yang dikembangkan dalam program pengembangan kompetensi pegawai. Kompetensi Sosio Kultural adalah

seseorang dikatakan memiliki kompetensi kultural haruslah dapat memperlihatkan pengetahuan serta tingkah laku kelompok masyarakat lain serta kultur yang dominan, dan juga tentang kultur pribadi dan profesionalnya.

Yang paling penting, seseorang yang memiliki kompetensi kultural harus dapat memperlihatkan kompetensi kulturnya secara khusus, yang menyangkut keterampilan, pengetahuan serta tingkah lakunya.

Sedangkan Brown (2000:176) menyatakan bahwa kultur atau budaya adalah cara hidup. Dikatakan juga bahwa kultur atau budaya adalah konteks di mana kita ada, berpikir, merasakan, dan berhubungan dengan orang lain. Budaya merupakan lem yang mengikat sekelompok masyarakat. Jadi kompetensi sosio kultural adalah kemampuan seseorang menunjukkan cara hidup, berpikir, merasakan dan bagaimana berhubungan dengan orang lain dengan menggunakan budaya orang yang menggunakan bahasa itu.

Stephen Dahl dalam Kameo (2000:1) mendefinisikan kultur atau budaya adalah kepercayaan dan asumsi dasar, juga tingkah laku yang muncul dari sekelompok masyarakat. Kultur atau budaya adalah cara sekelompok orang menerima kenyataan. Bila dikaitkan dengan kompetensi sosio kultural, maka kompetensi ini mengharapkan seseorang untuk dapat memahami kepercayaan, asumsi dasar serta tingkah laku yang muncul pada masyarakat yang menggunakan bahasa Inggris.

Sumber: http://literaturkti.blogspot.com/2013/05/kompetensi-sosiokultural.html